Penjelasan Cuplikan Unggulan di Tampilan Penulusuran Google

Penjelasan Cuplikan Unggulan di Tampilan Penulusuran Google

Pada tahun 2016 Cuplikan Unggulan (Featured Snippets) semakin bermunculan pada berbagai hasil pencarian di banyak kata kunci yang mengandung kata pertanyaan, penjelasan, pengertian, cara untuk (how to) dan berbagai kata kunci lainnya. Bagaimana bentuk tampilan dari Cuplikan Unggulan? Lalu apakah pengertian dan fungsi dari Cuplikan Unggulan?

Pengertian Featured Snippets

Cuplikan Unggulan (Featured Snippets) adalah hasil pencarian kata kunci pada penulusuran Google yang berada pada urutan teratas dalam bentuk blok dan merupakan ringkasan jawaban yang paling relevan yang diambil dari sebuah halaman website.

Berikut ini contoh tampilan Cuplikan Unggulan pada penulusuran Google:

Cuplikan Unggulan Featured Snippet Paragraf

Cuplikan Unggulan Featured Snippet List

Cuplikan Unggulan Featured Snippet Table Image

Tampilan Cuplikan Unggulan menampilkan jawaban dalam bentuk paragraf, tabel, poin, gambar, judul artikel, url artikel dan tanggal artikel dibuat, jadi anda tidak perlu takut tidak mendapatkan pengunjung website. Adapula pilihan seperti Tentang hasil ini dan Masukan yang membuat anda mendapatkan hak untuk memberikan tanggapan ( Positif / Negatif ) pada Cuplikan Unggulan yang ditampilkan.

Cara Kerja Featured Snippets

Cuplikan Unggulan berasal dari hasil penulusuran kata kunci yang mengajukan pertanyaan, kemudian Search Engine mendeteksi halaman yang menjawab pertanyaan tersebut dan akhirnya menampilan Cuplikan jawaban pada Cuplikan Unggulan pada halaman penulusuran.

Tidak semua rank 1 mendapatkan Featured Snippets

Hal ini membuktikan bahwa suatu website yang memberikan jawaban terbaik adalah pemenang untuk kompetisi kata kunci tersebut. Pengunjung yang hadir pada halaman yang memberikan jawaban pertanyaan (kueri) menjadi penentu halaman website anda diambil cuplikan jawabannya oleh Search Engine Google. Namun peringkat anda pada suatu kueri bukan faktor anda untuk mendapatkan hak cuplikannya ditampilkan, karena beberapa hasil membuktikan bahwa tidak semua peringkat pertama mendapatkan Cuplikan Unggulan.


Menampilkan Featured Snippets

Walaupun dalam penjelasannya pada bantuan Search Console link, memberitahukan bahwa kita sebagai pemilik website tidak dapat dengan sengaja menentukan paragraf mana saja yang menjadi jawaban suatu kueri dikarenakan hal tersebut ter-program secara otomatis, namun beberapa hal dibawah ini dapat membantu anda untuk menampilkan Cuplikan Unggulan pada hasil penulusuran kueri yang diinginkan.

Cuplikan Unggulan dibawah Iklan Adwords
Iklan Adwords Tetap Berada di Paling Atas

Beberapa faktor untuk dapat menampilan Cuplikan Unggulan pada hasil penulusuran, seperti:
  • Melakukan analisa pertanyaan (kueri) yang akan dibuat artikelnya
  • Mengatur kalimat suatu paragraf yang akan menjadi jawaban suatu pertanyaan
  • Memberikan Numbered List dan Bullet List jika jawaban dalam bentuk list
  • Berikan gambar yang terkait dan juga isi ALT dan Title-nya sesuai dengan judul
  • Jika terjadi update maka lakukan submit ulang url artikel anda
  • Umur sebuah artikel juga menjadi penentu, semakin lama semakin baik

Fungsi Featured Snippets

Secara tidak langsung Cuplikan Unggulan berfungsi untuk membantu pengguna Search Engine Google khususnya untuk mendapatkan hasil pencarian secara maksimal, yang artinya langsung mendapatkan hasil dari kueri yang diinginkan secara relevan (singkat, padat, dan jelas).


Kemudian bagi anda pemilik website Cuplikan Unggulan adalah tanda bahwa artikel yang anda buat menjadi referensi yang relevan dari pencarian suatu kata kunci. Inilah peluang bagi anda seorang pemilik website untuk mendapatkan kepercayaan, dan meningkatnya traffic ke website dikarenakan website anda terpercaya menjadi Cuplikan Unggulan suatu kata kunci.

Kredibilitas website meningkat membuat pemakai Search Engine menjadi mudah mengingat website anda. Secara tidak langsung dengan munculnya Cuplikan Unggulan, anda sudah mendapatkan posisi NOL atau teratas dari semua hasil pencarian organik lainnya. Organik trafik untuk halaman website anda pun akan meningkat 20% - 30%, jika URL anda muncul di Cuplikan Unggulan. Anda dapat membaca berbagai referensi pilihan dibawah ini mengenai Featured Snippets:
  1. Competing with Google in a Featured Snippet World
  2. How To Earn More and Rise To The Top
  3. How To Get Featured Snippets For Your Site
  4. Google Featured Snippets
  5. 3 Tips for Ranking in the Featured Snippet (AKA Position Zero)

Cara Menghilangkan Featured Snippets

Anda sebagai pemilik website juga diberikan pilihan untuk menampilkan atau menghilangkan Cuplikan Unggulan pada halaman pencarian dengan memasang tag dibawah ini setelah <Head>

<meta name="googlebot" content="nosnippet">

Dengan memasang tag tersebut maka semua cuplikan pada semua halaman artikel akan menghilang. Namun sangat disayangkan jika Featured Snippets harus dihilangkan dari website anda, karena fitur tersebut akan menjadi nilai lebih bagi website anda. Semoga penjelasan dari Cuplikan Unggulan pada penulusuran Google dapat membuat anda menjadi lebih mengerti.

Related Posts:

0 Response to "Penjelasan Cuplikan Unggulan di Tampilan Penulusuran Google"

Post a Comment